Sabtu, 11 Juni 2016

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil. Masa kehamilan identik dengan masa yang sangat menegangkan bagi calon ibu  pasalnya anda menanti-nanti serta mendambakan kelahiran bayi  anda khusunya masa kehamilan yang pertama, bayi yang sehat dan cerdas merupakan dambaan bagi seorang calon ibu oleh karena itu anda harus dalam keadaan sehat pula.Kesehatan ibu dan janin dalam masa kehamilan merupakan prioritas utama bagi para ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatannya baik dalam  hal fisik dan juga psikologinya karena kesehatan dan kecerdasan sang bayi sebagaian besar juga atas peran serta ibu hamil dalam menjaga kesehatannya dan juga asupan nutrisi gizi yang baik.

Proses kehamilan yang sehat yang dialami ibu hamil selama 9 bulan sangat rentan terhadap gangguan kesehatan yang akan berdampak pada daya tahan tubuh sang ibu ataupun calon bayi bilamana sang ibu hamil mengalami gangguan kesehatan maka hal ini akan sedikit banyak berpengaruh pada kesehatan janin yang ada didalamnya.
Dalam masa kehamilan tentunya banyak sekali perubahan pada fisik selain bentuk tubuh yang pasti semakin membesar ada pula muncul flek –flek berwarna gelap atau bintik coklat yang tumbuh di wajah ibu yang sedang hamil Hal demikian disebabkan oleh perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah serta leher.

Proses perkembangan janin dari mulai terjadinya kehamilan hingga menjelang melahirkan merupakan poit penting untuk diketahui , pada masa kehamilan 1-3 bulan rentan untuk teradinya keguguran karena pada masa ini janin masih lemah dan masih dalam proses pembentukan janin maka disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin di masa kehamilan ini agar dinding rahim tidak terlalu lemah.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Konsumsi Makanan yang Bergizi
Makanan yang bergizi sangat baik untuk tumbuh kembang dan kesehatan sang bayi  faktor ini sangat penting dimana sang ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan juga suplemen ibu hamil.

Lakukan Olahraga
Olah raga disaat hamil juga penting untuk menjaga bayi yang ada di dalam perut agar tetap  kedaan relaxs dan sang bayi tumbuh dengan sehat untuk olahraga ibu hamil anda dapat melakukan olahraga seperti senam ibu hamil ,yoga bahkan lari-lari kecil dan pelan.

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup wajib dilakukan oleh sang ibu hamil agar kehamilannya tetap terjaga dengan baik serta memberikan energi kembali setelah melakukan aktifitas yang melelahkan dalam kesehariannya.

Perhatian Lingkungan
Biasanya ibu hamil lebih senstif dari biasanya , mudah merasa lelah dan juga mudah terserang penyakit , perhatian lingkungan sekitar tepat dilakukan khusunya bagi calon sang ayah lingkungan merupakan faktor yang dapat meyebabkan kesehatan baik fisik ataupun psikoliginya.

Rajin Kontrol ke Dokter  
Tips ini penting dilakukan agar anda mengetahui perkembangan janin dalam perut anda sehingga kondisi sang ibu dan janinpun bisa sehat dan terkontrol.

Membaca Al-Quraan
Khusus untuk calon ibu  yang beragama  islam di sarankan untuk membaca kitab suci al-quraan seperti surat yusuf,surat maryam, dan surat lukman agar selalu dalam lindungan ALLAH SWT.


Sumber: http://www.detiksehat.com/2014/10/tips-menjaga-kesehatan-ibu-hamil.html#ixzz4BF5gRALu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar